Sindrom Sleeping Beauty

Sindrom Sleeping Beauty

Sindrom Sleeping Beauty Merupakan Kelainan Tidur Yang Langka

Sempat trending bayi lelaki berumur 18 bulan mengembuskan napas terakhir sesudah terdeteksi sindrom sleeping beauty sepanjang satu tahun. Keadaan apa ini?

Sindrom sleeping beauty atau sindrom putri tidur dikenal juga selaku Kleine-Levin syndrome (KLS), ialah abnormalitas sangat jarang peranan otak yang diikuti dengan adegan hipersomnia (rasa mengantuk terlalu berlebih pada siang hari) berulang-ulang, hiperfagia (rasa lapar berlebihan), masalah kognitif (kekuatan berpikir), dan hiperseksualitas (abnormalitas seksual).

KLS dapat hasilkan perombakan sikap dan ketidaktahuan. Masalah ini bisa menyerbu siapa, tapi remaja lelaki alami keadaan ini semakin banyak dibanding barisan yang lain. Seputar 70 % orang dengan masalah ini ialah lelaki.

Penyakit ini dapat tiba dan pergi sepanjang waktu periode yang panjang. Kadang mereka tampil dan raib sepanjang 10 tahun. Sepanjang tiap adegan, kemungkinan susah untuk bersekolah, bekerja, atau berperan serta dalam aktivitas lain.

Apa tanda-tandanya? Orang yang hidup dengan KLS kemungkinan tidak alami tanda-tanda tiap hari. Kenyataannya, pribadi yang terserang umumnya tidak mempunyai tanda-tanda. Saat tanda-tanda tampil, mereka bisa berjalan hari-hari, minggu, atau bahkan juga beberapa bulan. Tanda-tanda umum terhitung mengantuk yang berlebihan. Kemungkinan ada kemauan kuat untuk tidur dan kesusahan bangun pada pagi hari.

Sering, mereka tertidur sampai 20 jam satu hari. Orang yang hidup dengan KLS kemungkinan dapat bangun untuk memakai kamar mandi dan makan, lalu kembali lagi tidur. Kecapekan dapat benar-benar kronis hingga pasien KLS terbujur dalam tempat tidur sampai kekambuhan lenyap. Ini memerlukan waktu dan energi dari keluarga, rekan, dan keharusan individu dari si pasien.

KLS dapat memacu tanda-tanda lain, misalnya: halusinasi disorientasi karakter segera geram sikap kekanakan selera makan bertambah dorongan sex yang terlalu berlebih.

KLS bisa berlangsung karena menyusutnya saluran darah ke sisi otak sepanjang satu waktu. KLS ialah keadaan yang tidak bisa diprediksikan. Kekambuhan bisa berulang-ulang mendadak dan tiada peringatan.

Banyak orang meneruskan rutinitas normal sesudah pulih sesaat tiada disfungsi sikap atau fisik. Tetapi, mereka kemungkinan mempunyai sedikit memory mengenai apa yang berlangsung sepanjang adegan mereka.

Sindrom ini lebih menguasai berlangsung pada lelaki dibanding wanita, dan lebih menguasai pada remaja dibanding beberapa anak atau dewasa. Waktu gempuran sekitar dari hari-hari sampai beberapa minggu dan frekwensinya dapat 1 sampai 12 kali dalam satu tahun.

Ingin tahu mengenali sindrom sangat jarang ini selanjutnya? Baca bukti-bukti medisnya di bawah ini, ya!

Sindrom ini membuat berlangsungnya adegan hipersomnia berulang-ulang

Hipersomnia adalah keadaan saat seorang berasa mengantuk terlalu berlebih sepanjang hari atau alami kesusahan untuk terbangun sepanjang siang hari, hingga waktu tidurnya terlalu berlebih. Ini adalah karakter dari seorang dengan sindrom putri tidur, dan memungkinkan berlangsung secara berulang-ulang.

Adegan berulang-ulang bisa diselingi oleh tidur normal. Adegan berlangsungnya dapat berjalan dari dua hari sampai beberapa minggu. Jeda antar adegan sekitar 15 hari sampai 72 bulan (rerata 3,5 bulan).

Sindrom ini digolongkan dalam tiga wujud, yakni enteng, sedang, dan berat.

Kelompok enteng memiliki adegan dengan waktu singkat, mana yang gempuran berjalan sepanjang satu minggu dan alami tanda-tanda 2 sampai 3x per tahun.

Pada kelompok sedang, adegannya seringkali, seputar 1 per tahun, berjalan 7 sampai 10 hari dan alami semakin sedikit adegan per tahun, tapi waktunya berjalan semakin lama. Waktu lama lebih condong berlangsung ke orang dewasa dibanding remaja atau beberapa anak.

Saat itu, pada kelompok berat, berlangsung banyak adegan per tahun, yakni sekitar 40 sampai 80.

Ketidaknormalan psikis dapat datang tiap adegan

Ketidaknormalan psikis kemungkinan berlangsung terlebih dahulu tiap adegan dan memungkinkannya untuk tetap bertahan sepanjang beberapa minggu sesudahnya. Kekhawatiran, ketidaktahuan psikis, delusi, dan halusinasi adalah tanda-tanda mental yang umum berlangsung pada beberapa orang dengan sindrom sleeping beauty. Tetapi, persoalan psikiatris ini biasanya enteng dan singkat.

Perombakan sikap dapat berlangsung, seperti bicara kekanak-kanakan, antisosial, agresif baik secara verbal atau fisik terutamanya saat dihindari untuk tidur. Perihal ini pula yang mengakibatkan keluarga dan rekan-rekan menghindar melawan atau berhubungan dengan pasien sepanjang adegan berlangsung. Ini seringkali berlangsung pada wanita.

Orang dengan sindrom putri tidur condong jadi diam dan pilih habiskan waktu yang lama di kamar, baik tidur atau tiduran dalam situasi gelap.

Lebih menguasai berlangsung pada remaja lelaki, tapi periode panjang jika berlangsung pada wanita

Sindrom ini lebih menguasai berlangsung pada lelaki dibanding wanita, yakni 3:1, serta lebih menguasai pada umur remaja (rerata 15 tahun) daripada dewasa atau beberapa anak.

Beberapa masalah adegan mulai berlangsung pada beberapa anak di bawah 9 tahun dan ke orang dewasa lebih dari umur 35 tahun. Pada wanita lebih menguasai pada umur yang lebih tua daripada lelaki.

Selain itu, dari bermacam laporan masalah, jika berlangsung pada wanita lebih condong periode panjang dibanding lelaki. Kemungkinan ini berasal dari masalah psikiatris yang condong lebih berlangsung pada wanita.

Pemicu tentunya belum tahu

Belum tahu dengan cara tepat apa pemicu sindrom ini. Tetapi, dari beberapa riset, ada bermacam tesis apa factor pemicu timbulnya adegan awalnya sindrom ini. Salah satunya ialah peluang keadaan autoimun, infeksi pernafasan, konsumsi alkohol, trauma, kekurangan tidur, dan depresi psikis.

Pemicu yang lain terhitung factor menstruasi, laktasi (menyusui), infeksi pernafasan, konsumsi alkohol, trauma, kekurangan tidur, dan depresi psikis.

Disamping itu diprediksi ada factor genetik. Ini karena ada masalah keluarga yang menderita sindrom ini lebih satu bagian keluarga. Hingga dipandang genetik selaku factor infeksi peningkatan sindrom ini yang kemungkinan mengakibatkan sebagian orang condong alami sindrom ini.

Banyak pasien memberikan laporan abnormalitas kognitif, seperti kesusahan bicara, membaca, dan masalah daya ingat

Sepanjang adegan berlangsung, banyak pengidap yang menyambat alami abnormalitas kognitif seperti kesusahan bicara, membaca, dan masalah daya ingat. Sesudah normal kembali, pengidap susah ingat perincian kejadian sepanjang adegan awalnya. Sebagian besar pengidap alami kesusahan dengan fokus. Turunnya bentang perhatian tingkatkan kekeliruan sebab pekerjaan bertambah lebih susah.

Disamping itu alami kesusahan multitasking serta lakukan pekerjaan teratur. Penalaran rasional menyusut, dengan pengurangan IQ nonverbal dibanding dengan kontrol. berlangsungnya pengurangan performa di sekolah dan bekerja pada remaja yang tidak masuk sekolah hari-hari sepanjang alami adegan.

Bagaimana mengurus KLS?

Beberapa obat ada untuk menolong Anda mengurus tanda-tanda. Ini bisa menolong kurangi waktu kekambuhan dan menahan tiba kembali. Pil stimulasi ialah opsi untuk menjaga KLS. Meskipun mereka bisa mengakibatkan iritabilitas, beberapa obat ini tingkatkan kesadaran dan efisien dalam kurangi mengantuk.

Opsinya terhitung methylphenidate (Concerta) dan modafinil (Provigil). Beberapa obat yang menyembuhkan masalah mood kemungkinan berguna juga. Misalkan, lithium (Lithane) dan carbamazepine (Tegretol) – yang umum dipakai untuk menyembuhkan masalah bipolar bisa memudahkan tanda-tanda KLS.

Dari bermacam bukti di atas, bisa diambil kesimpulan jika sindrom sleeping beauty ini adalah abnormalitas neurologis dan diwarnai dengan masalah psikiatris yang paling mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Silahkan lalui hari-hari dengan beberapa hal produktif yang bisa mempertahankan kesehatan fisik dan psikis kita!

Berbagai kumpulan informasi dunia kesehatan yang lebih lengkap bisa langsung mengkunjungi situs https://infomedis.net.