Perawatan kesehatan di Dunia

Perawatan kesehatan di Dunia Perawatan kesehatan di Dunia adalah pemeliharaan atau peningkatan kesehatan melalui pencegahan, diagnosis, pengobatan, pemulihan, atau penyembuhan penyakit, penyakit, cedera, dan gangguan fisik dan mental lainnya pada orang.

Perawatan kesehatan disampaikan oleh para profesional kesehatan dan bidang kesehatan yang terkait. Kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, kebidanan, keperawatan, optometri, audiologi, psikologi, terapi okupasi, terapi fisik, pelatihan atletik dan profesi kesehatan lainnya adalah bagian dari perawatan kesehatan.

Ini mencakup pekerjaan yang dilakukan dalam memberikan perawatan primer, perawatan sekunder, dan perawatan tersier, serta dalam kesehatan masyarakat.

Baca juga: Tips Gigi terlihat lebih Putih

Perawatan kesehatan di Dunia

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam hal akses kesehatan termasuk:

  • keterbatasan keuangan (seperti cakupan asuransi)
  • hambatan geografis (seperti biaya transportasi tambahan, kemungkinan untuk mengambil cuti kerja berbayar untuk menggunakan layanan tersebut)
  • dan keterbatasan pribadi (kurangnya kemampuan untuk berkomunikasi dengan penyedia layanan kesehatan, melek kesehatan yang buruk, pendapatan rendah).

Keterbatasan layanan perawatan kesehatan berdampak negatif terhadap penggunaan layanan medis, kemanjuran perawatan, dan hasil keseluruhan (kesejahteraan, tingkat kematian).

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sistem perawatan kesehatan yang berfungsi dengan baik memerlukan mekanisme pembiayaan, tenaga kerja yang terlatih dengan baik dan dibayar secara memadai, informasi yang dapat diandalkan yang menjadi dasar keputusan dan kebijakan, dan fasilitas kesehatan yang terpelihara dengan baik untuk memberikan obat-obatan yang berkualitas. dan teknologi.

Perawatan kesehatan secara konvensional dianggap sebagai penentu penting dalam mempromosikan kesehatan fisik dan mental umum dan kesejahteraan orang-orang di seluruh dunia. Contohnya adalah pemberantasan cacar di seluruh dunia pada tahun 1980, yang dinyatakan oleh WHO sebagai penyakit pertama dalam sejarah manusia yang dihilangkan dengan intervensi perawatan kesehatan yang disengaja.

Pengiriman Perawatan Kesehatan

Pemberian perawatan kesehatan modern tergantung pada kelompok profesional terlatih dan paraprofesional yang berkumpul sebagai tim interdisipliner. Ini termasuk profesional di bidang kedokteran, psikologi, fisioterapi, keperawatan, kedokteran gigi, kebidanan dan kesehatan terkait, bersama dengan banyak lainnya seperti praktisi kesehatan masyarakat, pekerja kesehatan masyarakat dan tenaga pembantu, yang secara sistematis memberikan perawatan preventif, kuratif dan rehabilitatif berbasis populasi dan pribadi. jasa.

Sementara definisi berbagai jenis perawatan kesehatan bervariasi tergantung pada perspektif budaya, politik, organisasi dan disiplin yang berbeda, tampaknya ada beberapa konsensus bahwa perawatan primer merupakan elemen pertama dari proses perawatan kesehatan berkelanjutan dan mungkin juga mencakup penyediaan layanan kesehatan. tingkat perawatan sekunder dan tersier. Perawatan kesehatan dapat didefinisikan sebagai publik atau swasta.

Perawatan utama

Untuk Perawatan primer mengacu pada pekerjaan profesional kesehatan yang bertindak sebagai titik konsultasi pertama untuk semua pasien dalam sistem perawatan kesehatan. Profesional seperti itu biasanya akan menjadi dokter perawatan primer, seperti dokter umum atau dokter keluarga. Profesional lain akan menjadi praktisi independen berlisensi seperti fisioterapis, atau penyedia perawatan primer non-dokter seperti asisten dokter atau praktisi perawat.

Tergantung pada lokasi, organisasi sistem kesehatan, pasien dapat menemui profesional perawatan kesehatan lain terlebih dahulu, seperti apoteker atau perawat.

Pelayanan primer sering digunakan sebagai istilah untuk pelayanan kesehatan yang berperan dalam masyarakat setempat. Ini dapat diberikan dalam pengaturan yang berbeda, seperti pusat perawatan mendesak yang menyediakan janji atau layanan pada hari yang sama secara langsung.

Perawatan primer mencakup cakupan cakupan kesehatan terluas, termasuk semua usia, pasien dari semua sosioekonomi dan geografis, pasien yang berusaha mempertahankan kesehatan yang optimal, dan pasien dengan semua jenis masalah kesehatan fisik, mental dan sosial yang akut dan kronis, masalah kesehatan.

Penyakit kronis Akibatnya, seorang praktisi pelayanan primer harus memiliki yang luas di banyak. Kontinuitas adalah karakteristik utama dari perawatan primer, karena para pasien biasanya lebih suka dengan praktik yang sama untuk pemeriksaan rutin dan perawatan pencegahan, pendidikan kesehatan, dan setiap kali mereka memerlukan konsultasi tentang masalah kesehatan baru. International Classification of Primary Care (ICPC) adalah alat standar untuk memahami dan menganalisis informasi tentang intervensi dalam perawatan primer berdasarkan alasan kunjungan pasien.

Contoh Penyakit Umum

Penyakit umum yang biasanya dirawat dalam perawatan primer dapat mencakup, misalnya: hipertensi, diabetes, asma, PPOK, depresi dan kecemasan, nyeri punggung, artritis, atau disfungsi tiroid. Perawatan primer juga mencakup banyak layanan perawatan kesehatan ibu dan anak, seperti layanan keluarga berencana dan vaksinasi. Di Amerika Serikat, National Health Interview Survey 2013 menemukan bahwa gangguan kulit (42,7%), osteoarthritis dan gangguan sendi (33,6%), masalah punggung (23,9%), gangguan metabolisme lipid (22,4%), dan penyakit pernapasan atas. (22,1%, tidak termasuk asma) adalah alasan paling umum untuk mengakses dokter.

Dokter dalam model ini menagih pasien secara langsung untuk layanan, baik secara bulanan. Triwulanan, atau tahunan, atau tagihan untuk setiap di kantor. Contoh praktik perawatan primer langsung termasuk Foundation Health di Colorado dan Qliance di Washington.

Dalam konteks penuaan global, dengan jumlah orang dewasa yang lebih tua pada penyakit tidak menular yang lebih besar. Permintaan yang meningkat pesat untuk layanan perawatan diharapkan baik di negara maju maupun berkembang.

Perawatan sekunder

Perawatan sekunder mencakup perawatan akut:

  • Untuk perawatan yang diperlukan untuk waktu yang singkat untuk penyakit, cedera.
  • atau kondisi kesehatan lain yang singkat namun serius.

ini sering ditemukan di unit gawat darurat perawatan rumah sakit. Dan Perawatan sekunder juga dikembangkan oleh keahlian terampil saat melahirkan, perawatan intensif, dan layanan medis.

Istilah “perawatan sekunder” kadang-kadang digunakan secara sinonim dengan “perawatan rumah sakit”. Namun, banyak penyedia layanan sekunder, seperti:

  • psikiater
  • psikologi klinis
  • terapis okupasi

sebagian besar spesialis gigi atau fisioterapis, tidak harus bekerja di rumah sakit.

Beberapa layanan perawatan primer diberikan di dalam rumah sakit. Tergantung pada organisasi dan kebijakan sistem kesehatan nasional. Pasien mungkin diminta menemui penyedia perawatan primer untuk rujukan sebelum mereka dapat mengakses perawatan sekunder.

Di negara-negara yang beroperasi di bawah sistem perawatan kesehatan pasar campuran. Beberapa dokter membatasi praktik mereka pada perawatan sekunder dengan mewajibkan pasien untuk menemui penyedia perawatan terlebih dahulu terlebih dahulu.

Pembatasan ini dapat dikenakan berdasarkan ketentuan perjanjian pembayaran dalam rencana asuransi kesehatan swasta atau kelompok. Dalam kasus lain, spesialis medis dapat melihat rujukan tanpa rujukan, dan dapat memutuskan apakah rujukan mandiri lebih disukai.