Gejala Pada Penyakit Ginjal

10 Gejala Pada Penyakit GinjalGejala Pada Penyakit Ginjal, Gejala – gejala yang biasa muncul pada penyakit ginjal merupakan sebuah hal penting yang harus di kenali. Usaha untuk melihat gejala awal dan solusi perawatan penyakit ini akan dapat menghindari bahkan dapat mencegah penyakit ginjal ini menjadi lebih kronis.

Penyakit ginjal dapat memberikan efek buruk dimana organ tubuh yg berfungsi sebagai penyaring darah kotor, mengatur pressure darah, dan menyerap cairan berlebih di dalam darah ini menjadi tidak optimal.

Tidak Cuma itu saja, penyakit ginjal ini juga mengganggu proses pembuatan sel dari darah merah, dan juga mengganggu kebutuhan vitamin D yang penting untuk tulang kita. Baca juga: Manfaat dari Terapi Ayurveda

Macam-macam Gejala Yang Terjadi Pada Penyakit Ginjal

Jika penyakit ini tidak segera di tanggulangi, organ ini akan menjadi lebih rusak, bahkan ginjal kita dapat rusak dan tidak berfungsi sama sekali. Kondisi tersebut tentunya harus segera di obati karena penyakit kronis gagal ginjal dapat menyebabkan kematian.

Dan dibawah ini adalah kondisi-kondisi dan gejala yang dapat kalian lihat apabila kalian maupun keluarga kalian mengalami penyakit ginjal tahap awal.

  1. Mudah merasa lelah setiap waktu

Apabila kalian lebih mudah merasa lelah, hal tersebut merupakan salah satu dari gejala yang dapat di lihat dari penyakit ginjal. Mengapa begitu?, menurut Life Option, ginjal yang masih sehat akan membuat zat hormon erythropoietin atau yang lebih mudah di sebut dengan akronim EPO.

Hormon ini bertugas unutk memberikan sinyal pada tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang bertugas sebagai pembawa oksigen di sekitar tubuh manusia.

Saat penyakit ginjal muncul, produksi EPO ini menjadi lebih berkurang. Dan apabila jumlah sel darah yang mengikat oksigen ini tidak sesuai yang di butuhkan oleh organ tubuh, maka penyebabnya adalah badan kita akan lebih mudah merasa lelah, lesu, dan juga lemah.

  1. Tubuh merasa dingin disaat orang lain merasa hangat

Akibat gejala yang kami sebutkan di poin satu, secara otomatis anemia yang di sebabkan kekurangan darah yang mengikat oksigen juga akan menyebabkan tubuh kita merasa dingin walaupun kita berada di ruangan yg tidak dingin.

  1. MErasa Sesak Napas

Mengapa yang satu ini bisa menjadi salah satu gejalanya?, sesak napas pada umumnya sering di hubungkan menjadi salah satu gejala penyakit ginjal karena dua hal.

Untuk yang pertama, cairan lebih di dalam badan bisa berkumpul di paru – paru.

Dan Kedua, seperti yang di sebutkan pada poin 2, anemia merupakan salah satu akibat dari penyakit ginjal yang di sebabkan oleh kurangnya jumlah darah pengikat oksigen, sehingga hal tersebut membuat kita lebih mudah merasa sesak napas.

  1. Merasa Pusing dan ingin pingsan

Anemia merupakan salah satu gejala yang di hubungkan akan terjadinya penyakit ginjal, dimana darah pengikat oksigen juga berkurang. Karena oksigen juga di butuhkan untuk otak kita untuk berfungsi dengan normal.

Apabila hal tersebut terjadi, secara otomatis akan membuat kita menjadi lebih mudah pusing, merasa lemah, dan juga dapat menyebabkan pingsan.

  1. Sulit memiliki pikiran jernih / tidak fokus

Mengapa hal ini menjadi salah satu dari gejala penyakit ginjal? Salah satu alasannya di sebabkan oleh point 4 diatas dimana kadar oksigen yang di butuhkan oleh otak berkurang drastis.

Jadi selain menyebabkan mudah pusing, merasa lemah, dan ingin pingsan, penyakit ginjal juga menyebabkan ita sulit untuk perfikir, sekaligus menyebabkan berbagaib masalah pada ingatan dan sulit berkonsentrasi.

Terkadang terdapat orang yang biasanya normal, tiba – tiba menjadi ling lung, dan mudah bingung kan suatu hal.

  1. Merasa Gatal

Salah satu fungsi dari ginjal adalah untnuk menyaring limbah yang ada di dalam darah. Saat kita menglami gagal ginjal, limbah tersebut dapat berakumulasi di dalam darah, dan menjadi racun di dalam darah, sehingga menyebabkan gatal di seluruh tubuh kita.

  1. Bengkak di Bagian tangan dan juga kaki

Mengapa bengkak merupakan salah satu gejala yang muncul akibat penyakit ginjal? Hal tersebut di akibatkan oleh fungsi ginjal yang membuat tubuh kita tidak dapat mengeluarkan cairan baik melalui urin maupun keringat.

  1. Wajah bengkak

Seperti pada poin sebelumnya, selain tangan dan juga kaki, wajah kita tidak luput dari pembengkakan yang di sebabkan oleh penyakit ginjal. Hal ini di akibatkan oleh kelebihan cairan di dalam tubuh ke area wajah yang seharusnya dapat di buang, baik melalui keringat maupun melalui urin.

  1. Makanan memiliki rasa besi/metal

Menumpuknya limbah yang terjadi di dalam tubuh dimana hal ini juga di sebut dengan uremia dapat menyebabkan indra perasa kita menjadi error, sehingga membuat makanan yang kita makan memiliki rasa berbeda.

Biasanya penderita penyakit ginjal akan enggan untuk menyantap hidangan dari daging, yang membuat tubuhnya kurus akibat kekurangan protein.

  1. Bau Mulut

Uremia yang kita bahas diatas di sebabkan karena ginjal kita tidak dapat menyaring kotoran dan juga limbah di dalam darah, sehingga hal tersebut juga menjadi salah satu sebab dimana mulut kita akan bau.

  1. Sakit Perut, Muntah, dan Mual

Mengapa hal – hal diatas disebabkan oleh penyakit ginjal? Tidak hanya lidah kita menjadi error dan membuat mulut kita menjadi bau. Penumpukan kotoran yang ada pada tubuh kita yang menjadi kronis akan membuat kita lebih mudah mual. Bahkan sampai membuat kita muntah – muntah.

  1. Sering BAK (Buang Air kecil)

Menurut National Kidney Foundation, apabila kalian merasa ingin kencing lebih banyak dari biasanya. Terutama saat sebelum tidur merupakan salah satu gejala yang di sebabkan oleh penyakit ginjal.

Karena penyaring zat kotor di dalam tubuh di dalam ginjal tidak berfungsi dengan normal. Hal ini akan membuat kalian merasa ingin buang air kecil lebih sering. Dan terkadang hal tersebut merupakan salah satu gejala dari penyakit ginjal dan infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Bahkan menjadi salah satu gejala dimana prostat pada pria terjadi pembesaran.

  1. Urin berdarah

Ginjal yg normal pada umumnya dapat menjaga darah di dalam tubuh tetap bersih dengan menyaring darah untuk memproduksi urin. Akan tetapi jika penyaring dalam ginjal ini tidak berfungsi dengan normal. Maka sel darah ini akan bercampur ke urin yang membuat urin kita bercampur dengan darah.

Selain menjadi salah satu gejala dari penyakit ginjal. Gejala yang satu ini juga dapat di sebabkan oleh penyakit lain seperti tumor, batu ginjal, dan juga infeksi lainnya.

  1. Urin Berbusa

Gelembung yang terjadi di dalam urin harus di siram beberapa kali agar dapat menghilang dari toilet. Dimana urin kita bercampur dengan protein yang menyebabkan busa gelembung tersebut.

Busa tersebut merupakan busa yg dapat kalian lihat seperti saat mengaduk teh. Busa ini sendiri merupakan sebuah protein yang biasa di temukan di urin. Nama protein tersebut adalah albumin yang dapat juga di temukan dalam kandungan telur. Dan itulah beberapa pembahasan tentang Gejala Pada Penyakit Ginjal dan semoga informasi diatas akan membantu kalian untuk mencegah penyakit ginjal yang dapat terjadi tanpa kita sadari.